Culture Shock di Jepang4

KEHIDUPAN DI JEPANG


Kejutan budaya di Jepang: Pikiran dari orang asing


Oleh Cornelius Phanthanh - 23 Januari 2018 6294 Tampilan

Di tengah gelombang panas yang menyengat dan berkeringat karena suhu yang tak tertahankan dan saraf saya yang kewalahan, saya duduk di sebelah atasan saya dan memutar-mutar ibu jari saya saat setelan saya menempel di tubuh saya.

Ini adalah pertama kalinya saya di Jepang, pertama kali saya bertemu dengannya, dan saya hampir tidak bisa berbicara bahasa Jepang.

Kami berada di kapal feri selama tiga jam yang berangkat dari Kota Kagoshima menuju Tanegashima, pulau tempat saya ditugaskan untuk mengajar bahasa Inggris selama setahun, tetapi segera diputuskan akan menjadi empat.

Saya meraba-raba

pengenalan bahasa Jepang

saya

(自己 紹 介) —yang saya hafal hanya dengan suara, karena saya belum bisa mengerti bahasa Jepang — dan bertemu dengan banyak bahasa Jepang dan gerakan yang akrab.

Dia menepuk hidungnya saat dia berbicara, dan saya berpikir, “Hebat!

Maksudnya di hidung!

Bahasa Jepang saya benar!… Atau ada yang salah dengan hidungnya…? ”

Dia berarti "aku".

Itu saja.

Di Jepang, mengetuk hidung adalah isyarat untuk "saya".

Di AS, kita cenderung mengetuk dada ketika merujuk pada diri kita sendiri, dan perbedaan kecil ini membuat kekacauan budaya yang menyenangkan.

Apa yang terjadi selama empat tahun berikutnya di Tanegashima mengubah hidup saya dengan segala cara sebaik mungkin, tetapi itu tidak datang tanpa adanya penyesuaian.

Seperti kisah pribadi lainnya, setiap situasi berbeda.

Kita masing-masing melihat dunia melalui mata kita yang unik, tetapi berikut adalah beberapa pengalaman yang saya alami dengan kejutan budaya di Jepang dan pemikiran yang menyertainya.

Hal pertama yang saya perhatikan

Setibanya saya di bandara Tokyo Haneda, pertama kali saya di Jepang, saya berjalan cepat ke kamar mandi terdekat dan melangkah ke sebuah bilik, terkejut menemukan dudukan toilet yang hangat dan sesuatu yang tampak seperti remote control futuristik di sebelah

toilet

saya

.

Semuanya ada di sana dalam kendali saya, dari kekuatan bidet, kehangatan kursi, hingga tombol suara pembilas palsu!

Ucapkan selamat tinggal pada suara kamar mandi yang memalukan!

Jepang sudah melakukannya.

Cukup ketuk tombol ini dan kurangi ketakutan Anda didengar oleh tetangga.

Saya memutuskan untuk bertanya kepada teman ekspatriat lainnya tentang kejutan budaya mereka sendiri di Jepang.

David terkejut melihat mayones di atas pizza, dan terlebih lagi tentang belajar menggunakan toilet jongkok.

Josh mengira pompa bensin layanan penuh telah lenyap di Amerika, dan terkejut melihatnya berlimpah di Jepang.

Dia juga harus terbiasa duduk di lantai untuk makan, dan kurangnya dapur besar untuk persiapan makan malamnya.

Emily tidak setuju dengan mobil yang diizinkan untuk berkeliling meneriakkan pesan politik melalui pengeras suara, dan Nick tidak berharap untuk makan ayam mentah di

izakaya

.

Kebiasaan budaya

Sumber kejutan budaya lainnya di Jepang adalah sekolah.

Sejak

anak-anak masuk sekolah di sini

, lebih banyak penekanan pada moral, kerja tim, dan pertumbuhan emosional di sekolah dasar dan menengah pertama.

Saya tidak pernah mengalami banyak hal seperti ini di ruang kelas Amerika sebagai seorang anak, dan berpikir ini bagus untuk anak-anak.

Sementara Amerika memiliki penekanan yang lebih besar pada individualisme, di Jepang siswa belajar sejak dini tentang betapa pentingnya bekerja sama.

Baik itu membersihkan kelas atau membagikan makan siang sekolah, semuanya dilakukan sebagai sebuah tim.

Ini diterjemahkan menjadi bagian dari filosofi Jepang tentang persatuan dan harmoni.

Di dalam dan di luar sekolah, saya melihat bahwa kontak fisik antar teman jauh lebih umum.

Itu adalah jenis yang tidak bersalah antara semua dan jenis kelamin yang sama, sesuatu yang menurut saya sangat baik.

Jauh lebih teratur di sini daripada yang biasa aku lakukan di rumah.

Saya pikir sentuhan fisik membuat orang lebih dekat, dan sangat menyenangkan untuk melihatnya lebih banyak.

Hal ini menarik, karena ketika orang memasuki usia dewasa dalam masyarakat Jepang, semua sentuhan fisik itu seolah larut ke dalam ruang yang tepat saat membungkuk dan menjauhkan diri saat berbicara.

Banyak sekali hal menarik yang saya lihat tentang masyarakat Jepang di bulan-bulan pertama saya pindah ke sini, dan ada banyak hal baru yang menarik yang saya pelajari setiap hari.

Saya dapat memberi tahu Anda masing-masing dan semuanya, tetapi saya pikir lebih baik Anda datang ke sini dan melihat sendiri.

Ini berbeda, dan indah, dan selalu merupakan pengalaman belajar yang baik.

Apa yang diharapkan untuk pertama kalinya Anda di Jepang

Seperti bepergian pada umumnya, yang terbaik adalah tidak mengharapkan apa pun.

Tetap berpikiran terbuka dan membuang semua pra-konsepsi tentang apa itu Jepang atau seharusnya akan membuka begitu banyak pintu baru, beberapa mungkin adalah sisi Jepang yang bahkan tidak pernah Anda ketahui keberadaannya.

Budaya yang kaya tercermin dalam kuil yang damai dan bahasa kehormatan yang kompleks.

Sejarahnya yang panjang, tertutup bagi dunia pada satu titik dan sekarang mengundang semua orang untuk datang dan mengagumi kuil-kuilnya, adalah bacaan yang bagus bagi siapa pun yang ingin tahu tentang evolusi negara pulau ini.

Tersesat di kota bersejarah yang terpelihara dengan baik, duduk di kedai ramen pinggir jalan yang mengepul, dan buat langkah pertama Anda di Jepang di mana pun Anda menginginkannya.

Butuh bantuan untuk pergi ke Jepang?

Kirim email

ke Go!

Pergilah!

Nihon, dan lakukan langkah pertamamu hari ini!

Facebook

Indonesia

Pinterest

Reddit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Jepang dan Amerika

13 Cerita Anak-anak yang Menyenangkan Dari Seluruh Dunia

PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DAN PERANAN MAEDA