Culture Shock Russia dan Ukraina


Culture Shock: Rusia dan Ukraina

Artikel ini ditulis oleh

Elen Roberts

, diterbitkan pada

tanggal 22 September 2014

dan telah dibaca

sebanyak

23727

kali.

Rusia

St. Petersburg

Moskow

Culture Shock

Ukraina

Elen Roberts telah menghabiskan dua tahun terakhir bekerja di Jerman, di mana dia mulai mengambil pelajaran bahasa Rusia di waktu luangnya.

Pada musim panas 2013, dia mengikuti kursus bahasa Rusia intensif di

Sekolah Bahasa Internasional Nova Mova

di Kiev

dan musim panas ini dia mengunjungi Moskow dan St Petersburg.


Lyenochka dan Gosha

Di sebagian besar dunia Slavia setiap orang memiliki tiga nama: nama depan, patronimik (berdasarkan nama depan ayah) dan nama belakang.

Yang mengejutkan saya adalah bahwa di Rusia nama depan orang tidak terlalu bervariasi - mungkin ada 20 nama  untuk setiap jenis kelamin.

Saya lupa berapa banyak Alexanders, Dmitrys, dan Anastasias yang diperkenalkan kepada saya.

Yang lebih membingungkan adalah bahwa di antara teman-teman saya tidak pernah benar-benar menggunakan nama depan lengkap, karena setiap orang memiliki 'kecil' atau nama panggilan.

Ini juga berlaku untuk orang asing.

Di Rusia saya akrab dipanggil Lyena dan di Ukraina, Lyenochka.

Teman perjalanan saya George menjadi Gosha atau Zhora.

Cuaca yang buruk

Diakui, saya sangat tidak siap untuk ini.

Di Kiev suhu 30 ° C selama sebulan penuh saya berada di sana, yang tampaknya cukup 'sejuk', karena suhu di musim panas secara teratur dapat mencapai 40 ° C yang terik.

Ketika kami pergi ke Moskow, cuaca sangat panas dan lembab, sedangkan hujan deras dan angin bertiup sangat deras selama tiga hari kami di St Petersburg.

Seperti yang Anda duga, musim dingin terasa panjang dan tak kenal ampun di belahan dunia ini.

Saya diberi tahu oleh teman-teman di Kiev bahwa pada musim dingin, ada begitu banyak es dan salju yang turun sehingga mereka kesulitan membuka pintu depan!

Sushi - begitu banyak sushi

Orang Ukraina dan Rusia adalah penggemar sushi terbesar yang pernah saya temui.

Di Kiev dan Moskow, Anda dapat menemukan bar sushi di hampir setiap jalan.

Apa yang menurut saya agak aneh adalah bahwa bahkan di restoran Italia dan Meksiko, misalnya, menu pasti akan memiliki pilihan sushi yang luas.

Saya pernah memesan salad caprese dan roti gulung California - dicuci dengan mojito yang disajikan dalam toples kaca raksasa.

Di Rusia, Gosha dan saya sangat menilai rantai restoran 'dve palochki' (dua sumpit) tetapi semuanya cukup bagus.

Agama dengan gaya

Dibesarkan di negara Protestan, saya terbiasa melihat gereja-gereja yang keras dan minimalis.

Gereja Ortodoks di Rusia dan Ukraina, bagaimanapun, membawa 'bling' ke tingkat yang sama sekali baru.

Banyak yang memiliki kubah emas besar, dekorasi mewah, lukisan rumit, dupa, dan kostum yang sangat berwarna untuk para pendeta.

Di Moskow, beberapa gereja kecil bahkan dihiasi dengan kata-kata "Kristus - Bangkit" dalam kilatan lampu neon!

Peringatan untuk anak perempuan:

Jika Anda ingin masuk ke dalam gereja Ortodoks, Anda harus menutupi bahu, kaki, dan sebaiknya, rambut Anda.

Anda biasanya dapat meminjam kerudung dari resepsi.

Peran gender tradisional

Bagi saya, aspek Rusia dan Ukraina inilah yang membuat kehidupan di sana sangat berbeda dengan di Eropa Barat.

Singkatnya, konsep kesatria tetap hidup dan laki-laki diharapkan menjaga perempuan.

Di Kiev, saya ingat benar-benar terpana ketika pria dari segala usia secara teratur membukakan pintu untuk saya, menawarkan kursi mereka di metro, dan tanpa berkata-kata membantu saya dengan tas berat saya.

Saya bingung dan agak curiga ketika sembarang orang di jalan akan memberi tahu saya (atau lebih tepatnya, berteriak di depan semua orang) bahwa saya cantik atau ketika teman pria akan membelikan saya bunga atau coklat tanpa alasan sama sekali.

Di Barat, perilaku semacam ini membuat saya berpikir mereka mengejar sesuatu, tetapi saya segera menyadari bahwa di Rusia dan Ukraina, ini semua adalah bagian dari interaksi normal sehari-hari antara jenis kelamin.

Oh dan nona-nona, di negara-negara ini, pria secara otomatis membayar semuanya - minuman, makanan, tiket masuk klub, taksi - semuanya.

Karena selalu membayar dengan cara saya (bahkan pada kencan pertama - banyak kengerian pacar Slavia saya), saya benar-benar terkejut.

Namun, untuk menghindari Perang Dingin lainnya, saya perlahan-lahan menyadari bahwa saya harus melepaskan sementara prinsip feminis saya dan menerima norma budaya ini!

Hal ini dianggap sangat melemahkan bagi seorang pria Slavia ketika seorang wanita bersikeras untuk membayar.

Kesimpulannya

Menurut saya, Rusia dan Ukraina secara budaya cukup menantang bagi para pelancong Inggris, terutama jika Anda tidak bisa berbahasa Rusia atau setidaknya membaca Cyrillic.

Anda agak tersingkir dari tatanan kehidupan yang bisa diprediksi di Eropa Barat dan ada banyak hal yang mungkin membuat Anda terlempar pada awalnya.

Meskipun demikian dalam hal sejarah, arsitektur, pemandangan, orang-orang yang sangat menarik, dan tentu saja, banyaknya sushi - Anda pasti tidak akan menyesal pergi!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Jepang dan Amerika

13 Cerita Anak-anak yang Menyenangkan Dari Seluruh Dunia

PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DAN PERANAN MAEDA