Novel : Meilana (20)

Bab 20

dua puluh


Sebuah bayangan menutupi wajahnya. 



Tapi sekarang dia tahu apa itu sebenarnya.
Itu tebusan.
Tapi sekarang dia tidak membutuhkan apapun dari keluarga ini! Dia meninggalkan semua pakaian barunya di lemari .
Tapi ini tidak bisa bertahan lama. Dan bukan hanya karena dia hampir tidak punya uang lagi. .


Dia memejamkan mata, mendorong kereta dorong di depannya melintasi taman kecil. Taman itu tidak jauh dari apartemennya, yang dia sewa di sini di Bristol. Dia berjalan, tenggelam dalam kenangan yang mencabik-cabiknya. Dia sepertinya telah mendengar kata-kata , yang dia katakan padanya 

"Ada cara yang cocok untuk kita berdua untuk menyelesaikan masalah ini."


Jari-jarinya mencengkeram pegangan kereta dorong dengan erat. Oh ya, tentu ada caranya! Dia memikirkan semuanya dengan sempurna, sampai ke detail terakhir.


Dia tahu bahwa dia akan menjadi sutra di tangannya! Bahwa dia bisa meyakinkannya tentang apa pun!


"Aku ingin kamu mempercayaiku."


Kata-kata ini, yang begitu sering didengarnya darinya, sekarang membakarnya seperti besi panas membara.


Apakah ada cara yang lebih baik untuk memenangkan kepercayaan wanita daripada yang dia gunakan?

***

Dia menghela napas dan menatap si kecil , yang tersenyum sembarangan di kursi roda.


Ketika tuan Sanjaya langsung menghancurkan hidupnya menjadi beberapa bagian, dia panik dan melarikan diri - pada saat itu dia tidak tahu harus berbuat apa lagi.


Tapi sekarang dia harus bersembunyi. 


Ini tidak bisa berlangsung lebih lama lagi. Dia juga tahu bahwa yang terjadi adalah kesalahannya.


"Aku juga menggunakannya."


Dan sekarang dia menyadari bahwa Arri tidak punya masa depan di sampingnya.


“Jika Anda mencintainya, Anda harus melakukannya. Demi kebaikannya! Anda seharusnya tidak memikirkan diri Anda sendiri, rasa sakit Anda, perasaan Anda! Anda harus memikirkan si Kecil! Jika Anda mencintainya, lakukan yang terbaik untuknya! "


Dia tidak bisa lagi hidup seperti ini - di apartemen jorok, melarikan diri dan bersembunyi, terpecah antara cinta dan kewajiban.


Perlahan, seolah-olah dengan kekuatannya yang terakhir, dia membuat lingkaran lain melalui taman dan menuju pintu keluar.


Dia perlu menulis surat.


Prabo memasuki gedung kantor tempat kantor pengacaranya berada. 


- Dia disini? Apakah pertanyaan pertamanya begitu dia membuka pintu.


Pria di meja itu mengangguk.


- Di kamar sebelah.


- Dan anak itu?


- Iya.


Probo  merasa lega.


- Apakah Anda ingin saya hadir di pertemuan itu? Pengacara itu bertanya dengan hati-hati.


Probo  menggelengkan kepalanya:


- Aku akan meneleponmu saat aku membutuhkanmu. Anda telah dengan jelas menyatakan hak saya sehingga sekarang saya tahu apa yang dapat saya andalkan. - Dia berhenti, lalu masih bertanya: - Apakah dia mengatakan sesuatu tentang saya?


Pengacara itu hanya menggelengkan kepalanya sebagai jawaban.


- Baik. Perlihatkan pada saya.
***
Lin duduk di kursi di samping meja kopi, menggendong Georgie di pangkuannya dengan boneka beruang favoritnya,  Mendengar pintu terbuka, dia bergidik.

Dia melihatnya lagi setelah sekian lama.


Secantik saat hari pertama pertemuan mereka.


Seperti air pasang panas menyapu dirinya. Matanya menutupi wajahnya saat dia masuk.


***

Probo mengambilnArri dan  melintasi ruangan dan menggendongnya, tersenyum Lalu dia menoleh ke Lin.


Sesaat, sesuatu muncul di matanya, tapi kemudian segera menghilang.

- Jadi kamu membawanya. Saya tidak berpikir Anda akan berani melakukan ini.


Lin memaksa dirinya untuk menjawab.


“Saya menulis bahwa saya akan membawanya,” katanya dengan susah payah.

Prabo mengerutkan kening, matanya menyipit.


- Jadi kenapa? Mengapa Anda membawanya? Apa yang ingin kamu capai, Lin?


Dia tahu bahwa Prabo marah padanya, tapi itu tidak jadi masalah lagi. Dia mengangkat bahu.


- Apa lagi yang bisa saya lakukan? Saya lari karena panik. Tetapi kemudian saya menyadari bahwa tidak ada gunanya berlari. Dia menatapnya, berusaha untuk tidak menunjukkan perasaannya yang luar biasa.


“Apa yang kamu lihat  sekarang tidak berarti apa-apa, karena kamu sendiri tidak pernah berarti apa-apa baginya, kamu hanyalah penghalang dalam perjalanannya. Segala sesuatu yang ada di antara Anda tidaklah nyata. Kamu hanyalah alat untuk mencapai tujuan. "


Dia memandang Arri, yang dipeluk Probo . Hatinya hancur karena sakit.


Dia bukan apa-apa baginya, hanya si kecil  yang penting baginya!


Dan dia harus mengingat ini. Hanya dengan cara inilah dia bisa mengalami apa yang akan terjadi.


“Awalnya saya pikir,” katanya, “bahwa Anda pergi ke rumah itu.


Dia mengerutkan kening.


- Kedalam rumah? Rumah yang mana?


- Ke rumah di tepi laut - yang kubelikan untukmu.


- Kenapa aku harus pergi ke sana?


- Karena dia milikmu.


- Milikku ?! Apa yang saya miliki, ? Sekarang aku bahkan tidak punya si kecil.


Dia tetap mengatakannya. Dia mengatakan apa yang seharusnya dia katakan dari awal.


Aku akan menandatangani semua suratnya, lanjutnya. - Saya bisa melakukannya sekarang. Atau nanti, kapan pun Anda mau. Saya dapat memberikan alamat saya untuk berjaga-jaga, meskipun saya belum tahu di mana saya akan tinggal. 
Dia memaksa dirinya untuk bangun dan, mengambil napas dalam-dalam, berkata: - Saya membawa barang-barangnya. Jumlah mereka tidak banyak. Saya hanya mengambil yang penting. Semuanya ada di tas ini. Dia mengangguk pada beberapa tas di samping kereta dorong. - Kereta dorongnya tidak terlalu bagus, tetapi bisa digunakan sampai Anda membeli yang baru, tetapi Anda perlu melipatnya dengan hati-hati, 

Suaranya menghilang. Dia mengambil tasnya dan menuju pintu.


Dia seharusnya tidak melihat Anatole. Seharusnya tidak melihat Georgie. Saya hanya harus pergi.


- Apa sih yang kamu lakukan?


Suaranya terdengar seperti tikaman dari belakang. Dia berbalik dan berbicara, hampir tidak menahan air matanya:


- Saya pergi. Apa lagi yang bisa saya lakukan?


Dia mengatakan sesuatu. Dia tidak mengerti awal frasa itu karena dia melihat wajahnya. Saya menontonnya untuk terakhir kali.


- Jadi, Timon benar, dalam segala hal ketika dia mengatakan bahwa Anda hanya butuh uang! Saya tidak percaya dia. Saya mengatakan Anda tidak mengambilnya ketika saya menawarkan. Tapi pada akhirnya dia benar! Nada suaranya sangat dingin. “Dia menyewa detektif untuk mencari tahu tentang masa lalumu. Bagaimanapun, Anda mengambil ceknya!

***



Dia memperhatikan saat dia membuka paspor. Ekspresinya berubah ketika dia melihat cek Timon robek menjadi dua.


- Aku mengambilnya hanya untuk mengulur waktu dan pergi. Saya tidak bisa memikirkan hal lain. Dia mendesah. - Saya tidak pernah menginginkan uang, . Saya tidak pernah menginginkan apa pun selain apa yang paling saya sayangi.

Dia memandang si kecil Arri , yang sedang duduk di karpet, memandang mereka dengan penuh minat.

Dia ingin mengatakan sesuatu yang sama sekali berbeda, tapi sekarang sudah tidak masuk akal lagi.


“Aku menginginkan  keluarga di mana Arri  akan bahagia! "


Dia menatap Probo  lagi. Di wajahnya yang dingin, membeku seperti topeng.


"Aku berbohong kepadamu saat aku memberitahumu bahwa Arri adalah milikku. Tapi ternyata tidak, tidak setetes darahku pun mengalir di nadinya.


***


Tidak ada yang gemetar di wajahnya.


“Aku tahu Meilani  bukan adikmu sendiri. Dia adalah saudara tirimu - Tuan Sanjaya menunjukkan laporan detektif bahwa dia adalah putri dari suami kedua ibumu, yang meninggalkannya bersamamu ketika dia pergi. 
Ini menjelaskan kenapa Arri  sama sekali tidak sepertimu, dan kenapa namamu sangat mirip dengan Meilani . Dan sekarang saya mengerti mengapa saya begitu sering melihat ketakutan di mata Anda. Dia berhenti dan kemudian melanjutkan, “Kenapa kamu tidak memberitahuku, Lin? Aku masih akan mencari tahu tentang semuanya.


Tiba-tiba dia tertawa.


- Karena aku ingin menikahimu dulu! Jadi bagus kalau tuan Sanjaya memberitahu semuanya! Dia menjelaskan bahwa itu hanya langkah taktis! Semua pembicaraan bahwa pernikahan akan menyelesaikan masalah adopsi hanyalah dongeng! Anda tidak pernah berpikir tentang pernikahan!


- Lin! - 


- , sudah cukup! Tolong hentikan! Tidak ada lagi kebohongan! 

! Dia tertawa getir lagi. Tapi tidak ada yang lucu dari tawa itu. Hanya lautan rasa sakit. 

- Tuan Sanjaya  mengatakan bahwa saya mendapatkan apa yang pantas saya dapatkan karena saya tidak mengakui bahwa Meilani  hanyalah saudara tiri saya. Saya sangat memahami bahwa peluang saya untuk mengadopsi dengan Anda sama sekali tidak sebanding! Karena Anda adalah saudara sedarah, dan saya bukan. Pernikahan ini dibutuhkan hanya untukku. Tetapi ketika tuan Sanjaya  mengatakan bahwa saya ingin menikah dengan Anda karena Anda kaya, saya marah! Aku tidak pernah menginginkan uangmu, aku hanya ingin bersama Arri! Tapi sekarang itu tidak berarti apa-apa. Ini akhirnya. Saya akhirnya menerimanya.
Dia melihat Arri  bermain sembarangan dengan boneka beruang di lantai.


"Aku memanggilnya milikku," bisiknya. “Tapi dia tidak pernah menjadi milikku. Itulah mengapa saya meninggalkan dia. Dia bukan tulang untuk diperjuangkan, bukan hadiah atau warisan yang kaya. Dia membutuhkan rumah dan keluarga. Anda akan menjaganya, saya tahu. Dan Anda benar-benar mencintainya, - dia berbicara dengan susah payah, mengatasi rasa sakit. - Seharusnya aku mengerti sejak awal, sejak saat kau muncul dalam hidup kita, bahwa aku tidak punya kesempatan untuk tinggal bersamanya. Baru sekarang saya bisa menerimanya.


Dia berbalik dan menuju pintu.


Tapi jari-jari yang kuat meraih sikunya, menarik punggungnya. Pintu dibanting hingga tertutup.


- Anda gila? Apakah Anda pikir Anda bisa mengambilnya dan pergi begitu saja?


Dia ingin menjauhkan diri darinya, tetapi itu seperti mencoba memutuskan ikatan besi. Dia sangat dekat dengannya. Dia sekali lagi melihat dadanya yang kuat dan bahu yang lebar, garis tulang pipi yang jelas dan bibir yang sensual, yang sampai baru-baru ini meluncur di atas tubuhnya dan menenggelamkan tangisan gairah dengan ciuman. 
Dia melihat matanya menyala dengan api keemasan gelap, dia bisa mencium aroma cologne-nya. Dia merasa pusing.


Dia menutup matanya agar tidak menatapnya, untuk menghentikan aliran ingatan.


- Apa lagi yang bisa saya lakukan di sini? Dia bertanya, hampir tidak terdengar. “Karena sekarang aku tidak punya hak untuk Arri , "

"Jadi, kamu hanya memikirkan Arri ?" Apakah itu semuanya?


Lin membuka matanya dan menatapnya.


- Tidak. Dia mundur. Kali ini dia tidak menahannya. Dia mengambil langkah lain, meningkatkan jarak di antara mereka. - Dan tentang kamu juga. Saya minta maaf Anda harus melalui semua ini. Tapi seperti yang kau minta, aku percaya padamu karena aku benar-benar percaya bahwa pernikahan itu adalah satu-satunya kesempatanku untuk mendapatkan hak asuh Arri . Dan untuk membuatku sangat jinak, kamu melakukan apa yang benar-benar berhasil. Saya sangat percaya bahwa Anda ingin menikah dengan saya. Tapi sekarang aku mengerti bahwa ini hanyalah mimpi kosong. 


Pandangannya tertuju pada pria di depannya yang sangat berarti baginya dan yang telah menyebabkan begitu banyak rasa sakit.


Hatinya hancur. Dia merasakan sakit yang tak tertahankan, untuk terakhir kalinya melihat pria yang begitu bodohnya dia cintai! Meskipun sejak awal sudah jelas bahwa tidak ada kesamaan di antara mereka.


“Jadi aku harus pergi dan meninggalkan Arri  untukmu. . Dia benar-benar harus pergi. Dan secepat mungkin. Sementara dia masih bisa melakukannya.


***

0- Anda tidak melihat apa-apa! -  - Anda tidak melihat apa yang ada di depan mata Anda sekarang! Meskipun saya mengerti mengapa. Sekarang mengerti.


Dia memegang tangannya dengan erat dan membawanya ke sofa dekat meja kopi. Dia tidak melawan, karena dia tidak memiliki kekuatan yang tersisa untuk itu.

Arri , melihatnya begitu dekat, mulai tersenyum dan merangkak ke arahnya. Ketika dia mencapai kakinya, dia memeluknya. 


"Dudukkan dia di pangkuanmu, Lin," kata Probo.


Dia menggelengkan kepalanya.


- Saya tidak bisa. Aku tidak harus. Dia bukan milikku.


Prabo membungkuk, mengangkat Arri  dan mendudukkannya di pangkuannya:


- Peluk dia, dan ceritakan lagi apa yang baru saja kamu katakan. Bahwa Anda akan meninggalkan Arri . 


Hatinya terasa sakit.


Aku tidak akan meninggalkan dia. Saya melakukan apa yang harus saya lakukan pada hari Anda menemukannya. Maka Anda tidak perlu mengatur semua lelucon ini dengan pernikahan. Tetapi saya tidak menyadarinya sampai saya mendapat pesan dari Anda.


- Di mana ada tertulis bahwa saya akan menjelaskan semuanya kepada Anda nanti!


"Tuan Sanjaya telah menjelaskan semuanya kepadaku, dan ketika aku tidak mempercayainya, dia menunjukkan kepadaku sebuah dokumen dengan tanda tanganmu, yang kemudian kamu menerima  perusahaan  dengan imbalan janji untuk tidak menikahiku.

“Jika kamu tidak lari, Lin, kamu pasti sudah mendengar yang sebenarnya!


“Tapi Tuan Sanjaya  sudah memberitahuku segalanya. Dan bukti yang disajikan.


- Tuan Sanjaya berbohong.


Dia menatapnya. Mengapa dia mengatakan ini? Untuk apa?


“Tapi saya melihat dokumen yang Anda tanda tangani.


- Apa dia memberitahumu kenapa aku menandatanganinya? Lagipula, jika aku ingin menyingkirkanmu, 
Dia mengangkat bahu.


- Saya tidak tahu. Tidak masalah lagi.


Dia menarik Arri mendekatinya dan tanpa sadar membelai rambutnya, selembut sutra.


“Dia tidak akan pernah duduk di pangkuan saya lagi. Saya tidak akan pernah memeluk atau menciumnya lagi. Aku tidak akan pernah melihatnya tumbuh dewasa. "


Dia melihat kembali pada pria yang sangat berarti baginya ketika dia berada di ruang kosong baginya.


Rasa sakit mencengkeram hatinya. Dia ingin semuanya berakhir secepat mungkin, tetapi Prabo berbicara lagi:


“Tidak, Lin, itu penting. 

Lin mengerutkan kening. Dia tidak mengerti mengapa dia terus berbicara dengannya, karena itu tidak masuk akal!


- Mungkin Anda mengira akan lebih baik jika saya ada di sana sampai proses adopsi selesai. Tetapi jika Anda mengetahui bahwa saya hanya saudara tiri Meilani, Anda mungkin akan mengirim saya untuk mengumpulkan barang-barang  Anda! Dia hanya mendahului Anda.


Prabo menatapnya seolah dia tidak memahami sesuatu yang jelas.


“Apa kau tahu kenapa dia mengirimmu untuk berkemas, Lin?


Dia menggelengkan kepalanya tanpa suara.


“Dia takut padamu, Lin. Begitu dia mengetahui bahwa Meilani  hanyalah saudara tiri Anda, dia takut Anda menggunakan saya untuk memperkuat klaim Anda atas Andri. Dengan menikahi saya, Anda akan menjadi ibu angkatnya. 


Mengapa dia mengatakan semua ini? Itu benar-benar siksaan baginya!


"Apa maksudmu dia memalsukan tanda tanganmu?"

Prabo menggelengkan kepalanya:


- Tidak, aku menandatangani semuanya sendiri. Aku harus melakukannya, Lin. Saat itu, saya tidak punya pilihan. Jika Anda tidak pergi, saya akan menjelaskan semuanya kepada Anda. Saya menandatangani surat-surat itu karena situasi di cabang perusahaan  kritis. Baru setelah Anda pergi, tuan Sanjaya  memberi tahu saya tentang apa yang telah digali oleh para detektif untuknya dan bahwa Anda mengambil cek itu. Itu sebabnya saya meragukan Anda, itulah mengapa saya sangat marah ketika saya datang ke sini!


"Aku juga marah padamu," katanya. "Saya pikir Anda menipu saya dan Anda benar-benar ingin mendapatkan Perusahaan untukmu !"


- Saya tidak akan pernah menandatangani dokumen ini! Tapi saya tidak punya waktu untuk berdebat dengan tuan Sanjaya . Saya tidak punya waktu untuk membahasnya, saya perlu fokus pada apa yang terjadi di cabang ! Saya akan menangani yang lainnya nanti! Bagaimanapun, kami harus menunda pernikahannya. Dan jika Anda memberi saya kesempatan, Lin, maka ketika saya kembali, saya akan menjelaskan mengapa saya setuju dengan kondisi ! Dia mendesah. “Jika Anda benar-benar mempercayai saya dan tidak melarikan diri .


"Percayalah, aku ingin kamu percaya padaku."


Seberapa sering dia mengucapkan kata-kata ini padanya. Gelombang emosi melanda dirinya karena dia masih ingin mempercayainya dengan sepenuh hati.


Dia mengambil langkah ke arahnya dan berbicara lagi:


“Anda membuktikan kepada saya bahwa saya dapat mempercayai Anda sepenuhnya.


Dia mengulurkan tangannya, bukan ke arahnya, tapi ke arah Georgie, yang sudah mulai tertidur di pangkuannya. .




"Aku percaya padamu, Lin," sepenuhnya dan tanpa syarat. Dan saya akan selalu percaya! Apa bedanya jika Meilani  adalah saudara kandungmu,atau bukan  ”dia memulai.


Tapi dia memotongnya:


- Dia! Dia adalah kakakku ! Aku mencintainya seperti milikku sendiri! Dan ketika dia meninggal, sebagian dari diriku ikut mati bersamanya. Tetapi dia meninggalkan putranya kepadaku, tahu bahwa aku akan menjaganya dan benar-benar mencintainya. Itulah mengapa saya harus melepaskannya sekarang - demi masa depannya.


Sekarang Anatole menyela:


“- Dan aku akan selalu mencintai, sepanjang hidupku. Anda juga.


Tiba-tiba ada keheningan. Lengkap. Mutlak. Sepertinya seluruh dunia membeku di sekitar mereka.


Lin duduk seperti mati rasa karena apa yang didengarnya, dia hanya merasakan bagaimana Prabo memegang tangannya dan mengangkatnya ke bibir.


“Bagaimana mungkin kamu pernah berpikir bahwa aku tidak mencintaimu?” Dia berbisik. - Bagaimana aku bisa memelukmu setiap malam, bersamamu dan tidak mencintaimu?


Dia menatapnya. Benarkah itu? Oh, benarkah itu? Kata-kata ini yang dia ucapkan padanya? Ciuman lembut yang dia mandi dengan tangannya? Apakah dia benar-benar mendengar kata-kata indah yang sangat ingin dia dengar selama ini.




- “Anda seharusnya tidak pernah meragukan saya lagi. Tidak pernah! - Dia menciumnya lagi, tapi itu sudah ciuman yang sama sekali berbeda - penuh gairah, angkuh. - Kami adalah satu keluarga, Lin! Keluarga. Kamu, aku dan Georgie, dan sekarang akan selalu begitu!


"Tapi rencana kami adalah menikah dan kemudian bercerai," kata Lin dengan suara terputus-putus.


- Itu adalah rencana bodoh! Rencana paling gila yang pernah ada!


"Tapi surat-surat yang Anda tanda tangani ..." dia memulai.


- Tuan Sanjaya  akan menghancurkan mereka, atau aku akan melakukannya sendiri! Dia tertawa singkat. - Dia hanya perlu melihat kita, dan dia akan segera mengerti bahwa ketakutannya tidak berdasar. Wajahnya menjadi serius. - Bisakah kamu memaafkannya, Lin?


Dia menghela napas dan menatap Prabo.


"Aku hanya berbohong padamu karena aku takut kehilangan Arri  juga," katanya. “

Dia meremas tangannya dengan penuh rasa terima kasih.


- Terima kasih. Saya tidak ragu bahwa ketika dia mengetahui bahwa kami akan menjadi keluarga yang nyata, dia hanya akan senang.

***

Masih tidak berani percaya, dia tertawa.


- Ya Tuhan, , apakah itu benar? Saya datang ke sini dengan hati yang hancur. Hati saya hancur karena saya pikir saya harus memberikan Arri. Dan karena saya pikir Anda hanya menggunakan saya! Bahkan sekarang saya tidak bisa sepenuhnya percaya apa yang sedang terjadi!
L
- Lin, aku ingin kau percaya padaku! - dia berkata. - Saya percaya bahwa saya akan mencintaimu sampai akhir hari-hariku! Tolong percayalah padaku!


Dan ketika dia mengatakan ini, dia merasakan semua ketakutannya, semua mimpi buruk mengerikan yang mengikutinya di malam hari, lenyap. Hilang, tidak akan pernah kembali.

Dia menciumnya lagi, memeluknya dan pada saat yang sama Arri , yang tidur nyenyak di pangkuannya. Itu adalah ciuman tanpa akhir, disela oleh batuk hati-hati di pintu.


Prabo berbalik dan bangkit dari sofa, meninggalkan satu tangan di bahu Lin, seolah menyatakan haknya padanya.


Dia memandang pengacara yang berdiri di ambang pintu.


“Saya pikir,” katanya dengan nada bisnis, “bahwa kami berhasil mencapai kesepakatan.


"Kalau begitu, saya kira saya harus meninggalkan Anda sehingga Anda bisa mengetahui detailnya," saran pengacara itu dengan nada bisnis yang sama.


- Ini, - jawab Prabo, dengan lembut meremas bahu Lin, - mungkin butuh banyak waktu. Mungkin seumur hidup.


Dia menatapnya, tatapannya hangat seperti cintanya padanya. Dan dia menjawabnya dengan tampilan yang sama.


Epilog


Lin duduk di kursi berjemur di bawah payung pantai bergaris. Di dekatnya berdiri kursi berlengan krom mengkilap.

"Kupikir kamu akan membangun kastil," Lin tertawa.



Mereka menikah segera setelah kembali 



“Tahun-tahun berlalu begitu cepat,” katanya. - Sepertinya

"Kita semua beruntung," kata Lin, tanpa sadar mengusap perutnya yang masih rata. 

Tuan Sanjaya  menggelengkan kepalanya dengan tegas.


“Dia membutuhkan adik laki-laki,” katanya. - .


Lin tersenyum karena dia tidak akan berdebat. Laki-laki atau perempuan, mereka akan mencintai anak ini. ***

TAMMAT


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Jepang dan Amerika

13 Cerita Anak-anak yang Menyenangkan Dari Seluruh Dunia

PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DAN PERANAN MAEDA