3. Ghost, Alice

6 April 1887 

Edward tiba di rumah untuk liburan Paskah. Rumah itu begitu bagus beberapa bulan terakhir ini tanpa dia.

Saya bisa berlatih membaca dan menulis di kelas sendirian. 
Lady Hannah datang kepada saya suatu hari ketika saya sedang menulis dan berkata bahwa saya sedang menciptakan kenangan untuk hari-hari ketika saya bertambah tua.

Saya mencoba menulis setiap hari, tetapi ada begitu banyak hal yang harus dilakukan di rumah besar ini 

Hari ini saya merasa ada awan hitam yang menimpa saya. Saya sangat takut pada Edward dan apa yang mungkin dia impikan untuk saya lakukan di London sehingga saya merasa sulit untuk berkonsentrasi pada apa pun. 

Saya tahu saya bertindak bodoh untuk berpikir seperti itu, dan Lady Hannah tidak akan membiarkan dia memperlakukan saya begitu buruk, tetapi dia tidak selalu ada, dan Yang Mulia terlalu sibuk dengan pekerjaannya untuk memperhatikan apa yang terjadi di rumah ini.

 Saya hanya harus melakukan yang terbaik untuk menjauh darinya dan berharap yang terbaik. 

Saya akan memberi tahu Alfie bagaimana perasaan saya, tetapi saya takut dia akan membela saya, dan kemudian dia akan kehilangan posisinya di rumah, dan rumah itu sendiri, dan saya tidak ingin ada yang menderita karena saya. 

Aku tahu Alfie sangat mencintaiku lebih dari sekedar teman, karena dia mencuri ciuman dariku dua hari yang lalu di gudang kayu ketika dia membantuku membawa kayu bakar. 

8 April 1887 
Sejauh ini, Edward sangat sopan dan santun kepada saya. 

Dia belum bersembunyi di sudut gelap mana pun untuk melompat keluar dan membuatku takut. Saya pikir London mengubahnya menjadi lebih baik. 

Kota ini pasti penuh dengan wanita muda yang dengannya dia bisa bersikap kasar. Dia mulai mengenakan setelan elegan dengan sapu tangan bersih yang disetrika di sakunya. 

Saya harus membersihkan semua jeruji hari ini. Yang Mulia membawa Edward ke Balai Kota untuk pertemuan hari ini, meninggalkan Alfie di rumah.

 Harold mengatakan kepadanya bahwa dia bisa membantu saya. Alfie menghibur saya dengan cerita tentang keluarga besarnya: dia memiliki tiga saudara perempuan dan dua saudara laki-laki.

Keluarga saya hanya memiliki ibu saya dan saya sampai dia meninggal, dan dia selalu bekerja keras, jadi kami tidak pernah menghabiskan banyak waktu bersama. Saya sangat merindukannya dan sering bertanya-tanya bagaimana rasanya menjadi bukan satu-satunya anak dalam keluarga. 

Aku sangat menyukai Alfi. Dia teman yang baik. Dia memiliki mata biru paling terang yang berkerut ketika dia tertawa, dan rambut pirang bergelombang yang mengejutkan. 

Pada saat perapian terakhir dibersihkan, kami tampak seperti beberapa penyapu cerobong asap, dan juru masak memerintahkan kami untuk mencuci dan mengganti pakaian sebelum Nyonya memperhatikan kami berdua dan berteriak ketakutan. 

Alfie menyenggolku ke samping, dan kami bergegas menaiki tangga para pelayan ke tempat tinggal kami. 

Edward pasti pulang lebih awal karena dia berdiri di puncak tangga menatap Alfie yang menunduk dan meminta maaf. Aku terus menaiki tangga, takut Edward akan mengikutiku, tapi dia tidak melakukannya. 

Saya tidak tahu mengapa dia akan menunggu di tangga sempit kami ketika dia memiliki tangga besar di depan rumah untuk naik dan turun. Aku punya firasat buruk bahwa dia memata-mataiku, tapi mungkin aku hanya bersikap bodoh. 

***hal 7

12 April 1887 
Rumah itu kosong malam itu. Lord dan Lady Heaton pergi ke pesta dan kami semua diberi hari libur. Si juru masak dan Millie pergi mengunjungi Nyonya Blakely tua, yang sedang sakit keras. Dia bekerja di sini sampai pensiun. Harold mengantar mereka dengan kereta dan kemudian berencana untuk bertemu Alfie sebentar di kedai sebelum membawa mereka kembali. 
Alfie bertanya apakah saya ingin pergi, tetapi kedai bukanlah tempat yang paling cocok untuk seorang gadis muda. Jika saya masuk ke sana, semua orang akan melihat saya dengan ketidaksetujuan. Si juru masak ingin aku pergi bersamanya dan Millie, tapi aku tidak bisa melihat orang lain meninggal begitu cepat setelah ibuku. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak enak badan dan ingin tidur lebih awal. Dia berlari menaiki tangga utama untuk melihat tempat tidur Nyonya dan bertemu Edward di lantai dua. 

Dia tampak begitu gagah dan tampan, mengenakan kostum terbaiknya untuk pergi menari. Dia menatapku dengan mata hitamnya yang dingin, tetapi terus berjalan, dan aku menundukkan kepalaku. Dia berlari menuruni tangga, dan aku mendapati diriku mengawasinya melalui langkan, dia melihat ke tempat aku berdiri dan menatap matanya yang dingin padaku. 

Jantungku berdetak kencang dan saya sangat takut karena saya ingat bahwa hanya dia dan saya yang tinggal di rumah. 

Kemudian dia mengangkat tangannya ke bibirnya dan meniupkan ciuman padaku. Saya sangat takut sehingga saya langsung berlari ke kamar saya dan menutup pintu. 

Pipiku memerah karena malu, dan meskipun aku benci untuk mengakuinya, aku merasakan sesuatu yang lain selain kebencian padanya, karena perutku mengepal karena senang memikirkan bahwa dia telah memberiku ciuman. 

Besok adalah hari ulang tahunku dan aku akan berumur enam belas tahun. Saya berusia sembilan tahun ketika saya pertama kali datang ke rumah ini bersama ibu saya, ketika dia ditawari tempat sebagai pembantu rumah tangga. 

Besok saya tidak akan memiliki siapa pun untuk merayakannya, tetapi itu tidak masalah. Saya harus ingat bahwa saya mungkin berakhir di tempat yang jauh lebih buruk daripada Biara Kayu. 

13 April 1887 
Pada malam hari saya terbangun oleh jeritan tercekik di luar jendela kamar saya. Aku turun dari tempat tidur untuk melihat dari mana asalnya. 

Dalam kegelapan, saya melihat dua sosok di bawah pohon ek besar. Aku langsung mengenali Edward. Selama bertahun-tahun aku bersembunyi darinya, aku akan mengenali siluetnya di mana saja. Sosok lain milik seorang gadis, dan aku menyaksikan dengan ngeri saat dia mendorongnya ke tanah, gaun dan roknya kusut di bawahnya. 

Aku melihat Edward mengangkat tangannya dan memukul wajahnya dengan brutal dan mengerang keras. Dia mengangkanginya dan berbalik untuk melihat langsung ke jendela kamar tidur kecilku di loteng. Aku yakin dia tersenyum seolah-olah dia tahu aku sedang menonton. 

Aku harus lari dan membangunkan Yang Mulia. Gadis itu tidak lagi melawan dan berbaring tak bergerak di bawahnya.

 Sebaliknya, aku berlari dengan pengecut ke tempat tidur dan menarik selimut menutupi kepalaku. Aku terlalu takut untuk bergerak. Saya mendengar dari Alfie tentang apa yang dilakukan pria dan wanita, jadi mungkin Edward jatuh cinta dengan gadis ini. 

Saya mencoba untuk tidak mengingatkan diri sendiri bahwa jika Anda benar-benar mencintai seseorang, Anda tidak akan memukulnya. Tidak ada lagi teriakan di luar, dan aku tetap bersembunyi di balik selimut, berdoa agar Edward tidak datang mencariku. 

Di pagi hari, ketika sarapan disajikan dan Alfie dibawa ke atas dengan nampan, Edward tidak terlihat. Tidak ada yang mengatakan apa-apa tentang apa yang terjadi semalam, jadi aku diam dan berusaha menjauh dari kamar Edward sejauh mungkin.

 Saya tidak bisa berhenti memikirkan wanita ini dan apa yang terjadi padanya, tetapi saya tidak berani bertanya kepada siapa pun. Kuharap dia aman di suatu tempat, tapi aku tahu dia banyak dirugikan.

 Saya tidak berani mengatakannya keras-keras karena takut mengganggu Lady Hannah atau memaksa juru masak untuk bergosip. 

***

Membaca buku harian itu menarik. Tulisan tangan itu kadang-kadang tampak sulit untuk dipahami, dan sebanyak yang dia ingin baca, konsentrasinya membuat Annie pusing. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Jepang dan Amerika

13 Cerita Anak-anak yang Menyenangkan Dari Seluruh Dunia

PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DAN PERANAN MAEDA