4. Ghost, Alice dan Edwarr

Dia tidak bisa berhenti memikirkan gadis itu. 

Dia mencari-cari di bagian bawah lemari sampai dia menemukan ranselnya.

 Meletakkannya di tempat tidur, dia nyaris tidak membuka ritsleting karena tangannya licin karena keringat dan dia harus memegangnya untuk membukanya. Di sana, di bagian bawah tas, ada syal yang diberikan ibunya Natal lalu, yang telah ditambahkan ke sepuluh lainnya di lemari pakaiannya.

 Dia menariknya keluar dan menggulungnya di tempat tidur sampai pisau itu muncul dan dia menarik napas dengan tajam. Bilahnya yang panjang dan tipis diwarnai dengan darah kering berwarna coklat tua.
Dilihat dari gagang kayu yang robek dan retak, itu adalah pisau yang sangat tua. 

Sulit membayangkan bahwa pisau ini pernah digunakan untuk apa pun selain mengiris kulit putih murni dengan hati-hati. 

Dia merogoh saku kecil berritsleting di bagian depan ranselnya dan menemukan rantai emas di antara jari-jarinya. Dia menariknya keluar dan membawanya ke cahaya. Dia melepaskan rantai dari leher Jenna tepat sebelum memotong tenggorokannya: sebuah kenangan kecil tentangnya.
Dia mengeluarkan kotak timah dari rak dan mengambil foto. 

Ini kebanyakan foto para pelayan, tapi ada satu foto Lord dan Lady Heaton dan putra mereka Edward. Foto inilah yang sangat membuatnya terpesona; dia tertarik pada Edward, dan dia menatapnya selama berjam-jam. Dia tampak begitu menyendiri; ada jarak yang cukup jauh antara dia dan orang tuanya.


 Ada sesuatu yang begitu menarik dalam diri pemuda itu sehingga dia mulai muncul secara teratur dalam mimpinya.

Pertama kali dia melihat foto-foto itu, dia mengenali rumah besar di latar belakang, dan merasa dia harus belajar lebih banyak tentang pria ini.

 Dia menghabiskan hari yang sangat menyenangkan di perpustakaan, memeriksa arsip, meneliti keluarga, dan selama ini dia merasa ada semacam hubungan antara dia dan Edward, yang semakin kuat.


Dia yakin bahwa dia harus menemukan cara untuk membuka salah satu pintu mansion dan masuk ke dalam, jadi dia pergi ke sana pada suatu pagi yang lembab dan menyedihkan, menunggu sampai tidak banyak anjing yang berkeliaran.

 Dia berjalan di sekitar gedung di sekelilingnya, mencoba setiap pintu, dan dia ingin menangis karena semuanya terkunci rapat. Kemudian dia bertanya-tanya apakah pemiliknya pernah meninggalkan kunci cadangan, seperti yang dilakukan ibunya: dia meninggalkan miliknya di bawah pot tanaman. Dia mulai memeriksa daerah itu, semua pot dan pot telah lama menghilang, tetapi di belakang rumah, di sebelah pintu kecil, ada seluncuran alpine yang ditumbuhi. Dia menghabiskan sepuluh menit berikutnya dengan berkeringat, mengangkat dan memindahkan batu, dan tersentak ketika dia melihat sepotong logam berkarat hampir terkubur di bawah salah satu batu, dengan ujung mencuat. 

Dia menepis kutu kayu, mengubur jari-jarinya di tanah yang lembap, dan mengeluarkan kunci tua berkarat.

*** 14


31 Oktober 1887 
Edward kembali dari London kemarin. Ini jauh lebih tinggi dari yang saya ingat. Saya menyelesaikan bisnis saya dan duduk di dekat piano, mendengarkan Lady Hannah memainkan musik baru yang telah dia pelajari terutama untuk kepulangannya ke rumah. Melihat saya bersama ibunya, dia berlari ke kamar dan memeluknya erat-erat, sekaligus membuat wajah saya di belakang punggungnya. 

Aku tidak bisa menahan dan menjulurkan lidahku padanya seperti anak kecil yang marah. Menyadari kelancangannya sendiri, dia bangkit dan bergegas dari kamar ke dapur, takut untuk melihat sekeliling agar tidak bertemu dengan tatapannya. 

Aku ingin berada sejauh mungkin darinya. Dia bertanya kepada juru masak apakah dia membutuhkan bantuan, dan dia menunjuk ke wastafel yang penuh dengan kentang. Dia meminta saya untuk membersihkannya, yang saya lakukan. Saya tahu bahwa dia berterima kasih atas bantuannya, karena dia selalu mengeluh bahwa dia tidak bisa memberikan kesenangan abadi kepada Millie. Suatu hari aku akan bertanya padanya .


Sepanjang waktu yang kuhabiskan dengan lengan baju yang digulung sampai siku, mengupas kentang yang kotor, aku tidak bisa berhenti memikirkan Edward. Sebanyak dia membuatku takut, aku harus mengakui bahwa dia sangat tampan. Aku menatap pantulan yang menatapku dari jendela. Saya masih terlihat seperti seorang gadis, meskipun dua hari yang lalu si juru masak membuat saya tersipu, mengatakan bahwa saya akhirnya mulai membulatkan di semua tempat yang tepat. 
Lady Hannah membawaku ke kota minggu lalu untuk membeli pakaian dalam yang serasi dan pakaian baru, saat aku tumbuh dari semua yang kumiliki. 

Kami bersenang-senang bersama dan dia sangat baik kepada saya dan bahkan mengundang saya untuk makan malam di hotel baru yang dibuka minggu lalu. Dia berkata bahwa Yang Mulia berjanji untuk membawanya sendiri, tetapi dia begitu sibuk dengan pekerjaan sehingga dia masih tidak mau melakukannya, jadi perjalanan kami harus tetap dirahasiakan, dan saya tidak boleh memberi tahu pelayan lain tentang hal itu, karena dia tidak ingin mereka marah atau cemburu. Saya bersumpah kepadanya bahwa saya tidak akan memberi tahu siapa pun, dan saya sangat senang ketika saya diperlakukan seperti seorang wanita dan tidak seperti seorang pelayan. 

'***



Saya sangat mencintai Lady Hannah. Dia bahkan mulai mengajari saya cara bermain piano. Suatu malam minggu lalu, setelah Yang Mulia pensiun, dia minum tiga gelas sherry setelah makan malam. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia memimpikan putrinya sendiri, tetapi dia tidak ditakdirkan untuk dilahirkan. Kemudian dia berkata bahwa saya seperti anak perempuan baginya, yang selalu dia inginkan, tetapi tidak pernah dia miliki. 
Jeritan keras menembus mimpiku. Ini diikuti oleh bunyi gedebuk yang mengerikan. Aku berlari mengejar juru masak dari dapur ke lorong, di mana suara itu berasal, dan disambut oleh pemandangan paling mengerikan yang pernah kulihat. Lady Hannah sedang berbaring di kaki tangga besar, genangan darah besar mengalir dari bagian belakang kepalanya. Edward muncul di puncak tangga. 
"Ibu!" - dia berteriak dan berlari ke bawah dengan sangat cepat sehingga saya takut dia tidak akan jatuh dan mendarat di sebelahnya. 
Si juru masak menangis di celemeknya.

 Dia menyuruhku pergi menemui Dr. Smith, tapi aku tidak bisa bergerak. Aku merasa seperti kakiku terpaku ke lantai. Tidak bisa mengalihkan pandangannya dari darah merah yang menodai gaun putih cantik Lady Hannah; darah mewarnai sutra lembut itu dengan warna merah tua.

 Edward membungkuk di atas ibunya, terisak-isak. 
"Alice!" seru si juru masak. 
Akhirnya aku bangun dan berlari secepat yang aku bisa. Aku menoleh untuk melihat Edward menatapku, dan aku berani bersumpah bahwa dia tersenyum mengerikan, senyum jahatnya. Aku berlari mencari Alfie, yang menyandang kuda dan kereta kudanya dan membawaku melewati malam musim dingin yang keras ke rumah dokter.

 Pada saat dokter dan saya kembali, Edward dan Yang Mulia telah membawa Lady Hannah ke kamar tidurnya. Saya tidak akan pernah melupakan genangan darah besar yang menyebar di kaki tangga: Saya tidak tahu bahwa seseorang bisa berdarah begitu banyak. 
Si juru masak menyuruhku untuk menyimpan semuanya sampai Yang Mulia turun ke bawah, dan kemudian semuanya tenggelam dalam kegelapan. 

Saat aku membuka mata, Edward menggendongku. Dia bilang dia menangkapku tepat sebelum aku jatuh ke lantai. Dia membawaku ke kamar terdekat, yaitu perpustakaan, dan membaringkanku dengan hati-hati di sofa. Aku takut berada begitu dekat dengannya, tetapi pada saat yang sama menyenangkan merasakan lengannya yang kuat memelukku. Aku menatap matanya, dan kali ini tidak tampak begitu hitam, hanya sedih.

 Saya bertanya kepadanya bagaimana perasaan Nyonya, dan dia menjawab bahwa dokter dan ayahnya bersamanya. Dia berbicara dengan suara teredam, tidak ingin ada orang yang mendengar percakapan kami. Dia mengatakan kepada saya bahwa lukanya sangat serius. Dokter khawatir tentang jumlah darah yang hilang dari Lady Hannah dan berkata, bahwa dia memiliki bagian tengkorak yang hancur. Tidak ada cara untuk membawanya ke rumah sakit karena terlalu berbahaya dengan cedera kepalanya. 

Aku mulai terisak tak terkendali dan merasakan bagaimana Edward mulai membelai rambutku dan mengusap matanya dengan saputangan; Aku terkejut dia menghiburku.

 Saat saya menulis baris-baris ini, saya mulai mengerti bahwa untuk pertama kalinya saya melihatnya begitu imut. Aku menyukai Edward yang baik hati ini, dan aku lebih menyukai sentuhan tangannya saat dia membelai rambutku. 

Dia bangun untuk pergi menemui ibunya, dan aku tidak ingin dia meninggalkanku sendirian, tetapi dia melakukannya, dan aku terus menangis. Aku ingin pergi kepadanya, tapi aku terlalu takut pada Yang Mulia. Dia bangkit dengan kaki gemetar dan menuju pintu perpustakaan. Dan kemudian aku mendengar Yang Mulia menggeram sekeras-kerasnya. Suara mengerikan yang penuh dengan rasa sakit dan penderitaan yang bergema melalui aula besar. Aku mendongak dan melihat juru masak berlari di koridor; dokter itu menuruni tangga dan menggelengkan kepalanya. Kemudian saya menyadari bahwa Lady Hannah, seorang wanita cantik dan baik hati, telah meninggal - pergi selamanya. Aku menutup pintu dan terhuyung-huyung kembali ke sofa dengan linglung. Berbaring telentang, saya menangis sampai saya jatuh ke dalam mimpi, di mana tidak ada tempat untuk kebenaran yang mengerikan. 
Aku terbangun dalam kegelapan. Itu sangat dingin. Api yang saya nyalakan sebelumnya padam ke beberapa bara oranye yang menyala. Keheningan menguasai rumah, hanya dipecahkan oleh detak jam antik di aula. Gemetar, dia bangkit untuk pergi ke kamarnya. Dia menyelinap keluar dari perpustakaan dan berlari menyusuri lorong menuju tangga pelayan di belakang rumah. Aku terlalu takut untuk melihat ke koridor untuk tidak melihat Lady Hannah terbaring di lantai, kelelahan dan berdarah. Aku berbelok di sudut dan berteriak saat melihat Edward duduk di anak tangga terbawah, memegang sesuatu yang tampak seperti pisau di tangannya, tapi hari itu sangat gelap sehingga aku tidak yakin. 

Jantungku berdebar liar. Aku tidak ingin berduaan dengannya. Setelah menggumamkan permintaan maaf, saya berlari menaiki dua anak tangga, mencapai lemari pelayan, dan mengunci pintu. Wajahku yang berlinang air mata menatapku dari cermin kecil di atas wastafel, dan mataku tampak besar karena kesedihan dan ketakutan. Aku memercikkan air dingin ke wajahku dan berlari ke kamar tidurku. 
Setelah menanggalkan pakaian, saya mengenakan gaun tidur yang baru saja dibeli Lady Hannah untuk saya, dan berbaring di tempat tidur es saya. Aku berbaring di sana, menggigil, dan menunggu untuk menjadi hangat. Beberapa menit kemudian, ketukan lembut di pintu membuat jantungku berdetak kencang. 
"Alice, ini aku, Edward, bolehkah aku masuk?" 
Aku takut, tapi khawatir. Aku tidak tahu harus berbuat apa. Jika Harold atau juru masak menemukan Edward di kamarku, aku akan berada dalam masalah besar. Sebelum aku bisa menjawab, kenop pintu mulai berputar dan dia merangkak masuk. 
"Alice, kamu masih bangun?" 
Aku hampir tidak bisa membisikkan ya, tapi aku tetap mengatakannya, dan dia menutup pintu di belakangnya. Dia berjalan ke tempat saya berbaring dan duduk di tempat tidur di sebelah saya: Saya muak dengan ketakutan. Aku tidak ingin Edward duduk di sebelahku, tapi aku tidak bisa menyuruhnya pergi. Dia mengangkat tangannya dan mulai membelai rambutku, dan aku merasa diriku gemetar. Dia minum karena aku bisa mencium bau asam wiski dalam napasnya. Aku menarik tangannya, lalu dia memukul wajahku. Sebelum aku bisa melakukan apa pun, dia sudah berada di atasku, bibirnya menempel di bibirku, dan tubuhnya menekan bibirku dengan keras. Saya sangat malu dengan apa yang terjadi selanjutnya sehingga saya bahkan tidak dapat menggambarkannya, tetapi saya tahu bahwa semuanya salah dan sangat menyakitkan sehingga saya menangis kesakitan. Ketika Edward selesai, dia bangkit dan meninggalkan ruangan tanpa menoleh ke belakang, dan aku terisak sampai aku tertidur. 

1 November 1887 
Saya bangun pagi-pagi dan berbaring di kamar mandi untuk waktu yang lama. Bahkan setelah menjadi dingin, saya tetap di sana. Dia tinggal sampai Millie menggedor pintu, menuntut untuk membiarkannya masuk. Saya kesakitan dan saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan dengan diri saya sendiri. Saya ingin memberi tahu seseorang tentang apa yang terjadi karena saya tidak tahu apakah itu benar atau salah. 
Ketika saya kembali ke kamar saya, Edward berdiri di dekat jendela, dia menoleh ke arah saya dengan air mata di matanya dan berkata bahwa dia dengan tulus minta maaf dan berharap dia tidak terlalu menyakiti saya tadi malam. Dia tampak sangat sedih dan tidak bahagia sehingga saya tidak bisa menahan diri dan mengatakan kepadanya bahwa saya kesakitan, tetapi itu tidak seburuk itu. Dia meraih tanganku dan berlutut, memohon pengampunan. Dia memegang kakiku, kepalanya menempel di pahaku, dan aku merasa sangat kasihan padanya sehingga aku membelai rambutnya dan berkata bahwa aku memaafkannya. Ketika dia akhirnya bangun, dia memelukku dan menciumku. Kali ini begitu lembut sehingga saya tidak bisa menahan dan menciumnya kembali. 

5 November 1887 
Hari ini adalah pemakaman Lady Hannah dan itu sangat menyedihkan karena mengingatkan saya pada pemakaman ibu saya. Harold berkata bahwa kita bisa hadir sebagai tanda hormat. Aku tidak benar-benar ingin, tapi tidak ada pilihan. Saya lebih suka tinggal di rumah untuk memastikan semuanya siap untuk para tamu yang berduka. Semua pelayan berbaris di belakang gereja, jauh dari orang-orang penting. Aku terus menangis dan menangis. Edward berdiri di depan Yang Mulia dengan kepala tertunduk. Aku terjepit di antara juru masak dan Alfie di tengah lorong, dari sana aku bisa melihat peti mati dan Edward. (200')

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Jepang dan Amerika

13 Cerita Anak-anak yang Menyenangkan Dari Seluruh Dunia

PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DAN PERANAN MAEDA